Federation of Indonesian Metal Workers' Union
Solidarity Forever

MONAS 3 Oktober 2012

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) tak akan melakukan aksi demo buruh nasional dan mencukupkan hanya untuk Rabu (3/10/2012).
"Sementara waktu tak akan gelar aksi-aksi lanjutan pada esok dan hari-hari berikutnya. Ini bentuk penghargaan atas niat Pemerintah melakukan perundingan lanjutan dengan MPBI terkait tiga isu yang menjadi tuntutan mogok nasional," ujar Said di Jakarta.
MPBI berharap perundingan ini akan menghasilkan kesepakatan yang berkeadilan bagi buruh dan rakyat Indonesia, khususnya terkait isu outsourcing dan upah murah. Kesepakatan dimaksud diharapkan terealisasi dalam waktu 14 hari ke depan.
Said memberi catatan, MPBI tak menutup kemungkinan aksi mogok nasional dalam skala yang jauh lebih besar jika Pemerintah tak memiliki keinginan baik menyelesaikan secara tuntas problem perburuhan yang dikeluhkan buruh.
Demo nasional buruh yang diorganisir MPBI seluruh Indonesia berlangsung secara aman, tertib dan damai. Para buruh kompak, dan dewasa menyampaikan pendapat, dengan tidak melakukan aksi-aksi yang melebihi apa yang diskenariokan MPBI.